/Wapres Jusuf Kalla: 45 Negara Antusias Hadir Asian Games 2018

Wapres Jusuf Kalla: 45 Negara Antusias Hadir Asian Games 2018

Jakarta, ABIM (29/6/2018) – Saat memimpin rapat koordinasi kesiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 yang tinggal 50 hari lagi, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengungkapkan negara-negara yang ikut dalam Asian Games sangat antusias, hal ini dilihat dari negara yang sudah mendaftarkan diri di sertai atlet dan official yang dibawanya.

“Semua negara, 45 (negara), sudah mendaftarkan semuanya dan itu malah melebihi target kita. Atlit hampir 15 ribu dan official 7 ribu jadi 21 ribu. Karena penyelenggara menyiapkan total 15 ribu lagi disaring untuk menyesuaikan dengan itu. Jadi ada proses dari negara2 jauh lebih tinggi daripada yg kita rencanakan semula,” ujar Wapres usai melakukan peninjauan lokasi pelatihan nasional (pelatnas) beberapa cabang olahraga (cabor) yang berada di sekitar wilayah Provinsi DKI Jakarta, di kantor INASGOC, Senayan, Jum’at, 29/6.

Dari hasil peninjauan dan laporan, Wapres apresiasinya kepada INASGOC dan semua pihak yang telah bekerja keras mempersiapkan Asian Games 2018 serta berharap semua program dapat berjalan dengan baik.

“Agar semua pihak selalu meningkatkan koordinasi untuk menyelesaikan permasalahan khususnya dalam penanganan listrik, air, traffic manajement dan parkir, perlu simulasi dalam menangani permasalahan,”

Sebelumnya Ketua Pelaksana INASGOC Erick Thohir melaporkan kesiapan dari sisi penyelenggaraan ia memaparkan secara rinci mulai dari progres pengerjaan venue, jadwal pengoperasian venue, kesiapan peralatan, ticketing, hingga promosi mengkampanyekan “menjadi tuan rumah yang baik”.

“INASGOC telah memetakan olahraga dan even berdasarkan animo penonton yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang dan rendah, hal ini akan berhubungan langsung dengan penjualan tiketnya,” katanya.

Selain itu, Erik juga memaparkan yang terkait sponsor dan license, torch relay, acara pembukaan dan penutupan, operasional katering, transportasi, broadcasting, kesiapan pengamanan dan dukungan perkembangan anggaran hingga isu reunifikasi National Olimpic Committee (NOC) Korea Utara dan Korea Selatan.

Mencermati rencana kunjungan dan partisipasi Presiden Korea Utara dan Korea Selatan, Wapres menyampaikan agar pemberitaan media tetap memfokuskan pada penyelenggaan event Asian Games 2018. “Jangan sampai berita Asian Games menjadi tenggelam” tegas Wapres.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua Pelaksana INASGOC Sjafrie Sjamsoeddin menjelaskan mengenai koordinasi lintas sektor terkait dengan broadcast, visa, venue manager dan competition manager.

Sementara Pejabat Gubernur Provinsi Jawa Barat Mochamad Iriawan melaporkan kesiapan Provinsi Jawa Barat menyambut Asian Games di wilayahnya.

Tampak hadir dalam rakor Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Ketua Pelaksana INASGOC Erick Thohir, Wakil Ketua Pelaksana INASGOC Sjafrie Syamsoeddin, Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anis Baswedan, Pejabat Gubernur Provinsi Jawa Barat Mochamad Iriawan .

Turut mendampingi Wapres, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Gatot Sulistiantoro Dewa Broto, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Manusia dan Pemerataan Pembangunan Bambang Widianto, Deputi Bidang Administrasi Guntur Iman Nefianto, Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Sri Hartoyo, Deputi Bidang Koordinasi Kebudayaan Nyoman Suida dan Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi dan Wijayanto Samirin. (ABIM/KH/RN/KIP Setwapres)