/Wapres Jusuf Kalla Bertemu Wapres Iran, Bahas Tingkatkan Kerja Sama

Wapres Jusuf Kalla Bertemu Wapres Iran, Bahas Tingkatkan Kerja Sama

Jakarta, ABIM (11/7/2018) – Wakil Presiden RI (Wapres) Jusuf Kalla menerima kunjungan kehormatan Wakil Presiden Iran bidang Perempuan dan Keluarga Masoumeh Ebtekar di Kantor Wapres, Jakarta, Rabu (11/7).

Kedatangan Ebtekar, untuk menyampaikan pesan dari Presiden Hassan Rouhani terkait komitmen Iran untuk bekerja sama dengan Indonesia, antara lain di sektor perdagangan, investasi, perbankan, dan energi.

Wapres JK meyakini masih banyak potensi kerja sama yang dapat didorong untuk semakin meningkatkan intensitas hubungan bilateral Indonesia dan Iran di masa mendatang khususnya dalam bidang petrolium, mengingat kebutuhan domestik Indonesia terhadap minyak terus meningkat.

“Perlu bekerja sama dalam merumuskan cara-cara kreatif untuk menggali besarnya potensi ekonomi kedua negara,” ujar Wapres.

Selain itu, secara khusus, pertemuan membahas terkait keluarnya Amerika Serikat dari Perjanjian Nuklir Iran atau Joint Comprehensive Plan of Action (JCPoA).

“Iran berkomitmen untuk meneruskan kerja sama dan dialog secara damai,” ujar Ebtekar. Ia berharap semua negara yang terlibat mendapat keuntungan dari itu (JCPoA).

Indonesia akan terus memantau dari dekat perkembangan keberlangsungan JCPoA dan berkoordinasi dengan negara-negara sahabat lainnya dalam merumuskan langkah ke depan.

“Indonesia mendukung komitmen itu,” kata Wapres, “keputusan Amerika Serikat membingungkan banyak pihak, tapi Indonesia tetap menghormati perjanjian multilateral itu,” tegas Wapres.

Ebtekar menambahkan bahwa dukungan Indonesia bagi Iran sangat berarti untuk melalui fase ini. “Indonesia negara yang cukup berpengaruh di kawasan,” tambahnya.

Sebelumnya, Uni Eropa masih berkomitmen terhadap JCPoA. Keberhasilan kerja sama multilateral secara damai seperti ini dapat menjadi contoh baik (lesson learned) bagi dunia.

“Tantangan JCPoA adalah implementasinya,” ujar Menlu Retno Marsudi yang turut mendampingi Wapres.

Dalam pertemuan itu juga dibahas kerja sama lain, seperti Iptek, kebudayaan, HAM, pariwisata, dan pemberdayaan perempuan.

“Kami sedang melakukan penguatan sektor ecommerce untuk perempuan di Iran,” terang Ebtekar.

Pertemuan tersebut Wapres di dampingi oleh Menlu RI Retno Marsudi, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Mohamad Oemar, Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan Guntur Iman Nefianto, dan Asisten Deputi Hubungan Luar Negeri Siradj Parwito. (ABIM/PN/RN, KIP Setwapres).