/Wapres Jusuf Kalla: Perkuat Hubungan Indonesia-Singapura

Wapres Jusuf Kalla: Perkuat Hubungan Indonesia-Singapura

Jakarta, ABIM (18/7/2018) – Saat menerima kunjungan kehormatan Deputy Prime Minister (DPM) and Coordinating Minister for National Security Singapore Teo Chee Hean, Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengungkapkan bahwa hubungan Indonesia-Singapura yang selama ini sangat baik perlu terus ditingkatkan kedepannya.

“Selama ini kedua negara telah menjalin kerja sama di bidang ekonomi, investasi, pariwisata, ekonomi digital, energi, dan keamanan,” ujar Wapres.

Pertemuan yang dilakukan siang ini, Rabu (18/7) di Kantor Wapres Jl. Merdeka Utara Jakarta, juga membahas kerja sama di bidang infrastruktur.

Di pertemuan tersebut, DPM Teo menyebut Asean smart cities program bagi 21 kota. Tiga kota di antaranya Jakarta, Banyuwangi, dan Makassar.

Terhadap program tersebut, Wapres sangat mengapresiasi dan menanggapinya bahwa ketiga kota tersebut merupakan kota-kota berkembang.

“Khususnya Banyuwangi yang lokasinya dekat Bali, akan dibangun bandar udara internasional di sana,” terang Wapres.

Tahun 2018 merupakan tahun istimewa bagi Indonesia. Setelah pilkada yang berlangsung aman dan lancar, Indonesia bersiap menjadi tuan rumah pesta olahraga Asian Games di Jakarta dan Palembang serta Asean Leaders gathering (ALg) di Bali.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia adalah 5% dan saya optimis akan lebih baik di tahun politik 2019,” ujar Wapres.

Selanjutnya Wapres berharap leaders retreat di Bali dapat memperkuat kerja sama khususnya antara Indonesia dan Singapura.

Kepada awak media, DPM Teo mengatakan bahwa pertemuan dengan Wapres Jusuf Kalla adalah untuk memperkuat hubungan kerja sama dua negara di bidang industri pertanian dan memperluas peluang pariwisata di Indonesia.

“Kami berharap dapat melanjutkan dengan sangat baik dengan berdiskusi untuk memperkuat hubungan lebih lanjut,” ujarnya.

Ikut dalam rombongan DPM yaitu Ambassador of Singapore Anil Kumar Nayar, Minister of State (National Development) Zaqy Mohamad, Senior Parliamentary Secretary Tan Wu Meng, Member of Parlement Joan Cheng Sim Pereira dan Kwek Hian Chuan.

Turut mendampingi Wapres Kepala Sekretariat Wapres Mohamad Oemar, Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri Deni Abdi, dan Tim Ahli Wapres Sofjan Wanandi. (ABIM/RMS/RN/KIP-Setwapres)