/Jokowi Dapat Ucapan Selamat Dari 30 Negara

Jokowi Dapat Ucapan Selamat Dari 30 Negara

Jakarta, ABIM (28/4/2019) – Sebanyak 30 negara memberikan ucapan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi karena penyelenggaraan Pemilu 2019 di Indonesia berjalan dengan lancar. Tiga kepala negara yang menyampaikan langsung kepada Jokowi antara lain, PM Malaysia Mahathir Mohamad, PM Singapura Lee Hsien Loong, dan Presiden Turki Erdogan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Armanatha Nasir mengatakan, ucapan tersebut disampaikan langsung oleh kepala negara dan ada yang melalui sosial media. Mereka yang langsung menelepon Jokowi sehari setelah pencoblosan.

“Memang ada sekitar 20 negara yang menyampaikan ucapan selamat kepada Indonesia atas pelaksanaan pemilu yang lancar, damai dan adil, melalui berbagai cara. Kepala negara yang telepon langsung kalau tidak salah Turki, Malaysia, dan Singapore,” kata Armantha Nasir Sabtu, (27/4).

Adapun negara yang mengucapkan selamat atau memberikan komen positif terkait pelaksanaan pemilu Indonesia, baik melalui sosmed, release maupun ke media adalah Inggris, Korea Selatan, Palestina, Denmark, Thailand, Belanda, Afrika Selatan, Australia, Jerman, Kanada, Turki, dan Spanyol.

Prancis, Amerika Serikat, Afghanistan, Timor Leste, Iran, Singapore, Belgia, Norway, Rusia, Hongaria, Malaysia, Finland, Austria, Myanmar, Mesir, RRT, Vietnam, serta Pakistan juga memberikan selamat kepada Jokowi.

“Ada juga statement dari organisasi Internasional antara lain, UE (Uni Eropa), OKI (Organisasi Konferensi Islam),” sambung Dubes RI untuk Perancis itu.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima ucapan selamat dari sejumlah petinggi negara atas terselenggaranya Pemilu 2019 di Indonesia. Hal itu disampaikan Jokowi dalam konferensi pers di Pelataran Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 18 April 2019.

“Tadi siang sampai sore kita telah menerima ucapan selamat dari PM Malaysia Mahathir Mohamad dan juga PM Singapura Lee Hsien Loong, dan juga Presiden Turki Erdogan dan juga 10 negara lainnya yang telah memberikan ucapan selamat atas suksesnya pesta demokrasi di negara kita,” ujar Jokowi.

Jokowi yang kembali maju di Pilpres 2019 bersama KH Ma’ruf Amin juga mendapatkan ucapan selamat dari para petinggi negara terkait capaiannya di Pilpres 2019. Juga terhadap seluruh masyarakat Indonesia yang mampu menciptakan pemilu yang damai.

“Beliau juga menyampaikan selamat kepada seluruh masyarakat Indonesia dan juga Jokowi dan KH Ma’ruf Amin atas keberhasilan Pemilu 17 April kemarin,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan hasil penghitungan suara real count pada Sabtu (27/4) sore ini, paslon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin masih mengungguli pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto– Sandiaga Uno.

Data real count KPU pada Minggu (28/4) pagi sudah 369.969 TPS yang masuk. Artinya, real count KPU sudah hampir separuh dari secara keselurahan 813.350 TPS di seluruh Indonesia atau sekitar 45,48706 persen.

Berikut hasil sementara real count dari Situng KPU:

Jokowi-Ma’ruf 56,38 Persen

Data pukul 6.30 WIB Minggu (28/4) hari ini, Jokowi sementara memperoleh 39.178.598 suara atau 56.38 persen.

Prabowo- Sandiaga

Memperoleh 30.313.637 suara atau sekitar 43,62 persen.(ABIM)