/Presiden Ingin Kementerian dan Lembaga Segera Realisasikan Anggaran Belanja

Presiden Ingin Kementerian dan Lembaga Segera Realisasikan Anggaran Belanja

Bogor, Jawa Barat, ABIM (11/2/2020) – Presiden Joko Widodo memimpin sidang kabinet paripurna yang dihadiri jajarannya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, 11 Februari 2020. Dalam pengantarnya, Presiden kembali mengingatkan seluruh kementerian dan lembaga terkait akan realisasi anggaran belanja tahun 2020.

“Sidang kabinet paripurna siang hari ini yang pertama saya ingin mengingatkan sekali lagi mengenai masalah belanja kementerian dan lembaga,” kata Presiden.

Dalam situasi seperti yang dialami sekarang ini, kata Presiden, kecepatan dalam membelanjakan anggaran-anggaran yang ada di setiap kementerian seawal mungkin akan menjadi sebuah pengungkit bagi meredupnya perekonomian. Selain karena ekonomi global yang tidak bersahabat, redupnya ekonomi juga dipengaruhi oleh wabah virus korona.

“Oleh sebab itu, sekali lagi saya harapkan sebelum Februari ini belanja agar segera direalisasikan secepat-cepatnya di seluruh kementerian dan lembaga,” paparnya.

Kepala Negara mencontohkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang telah melakukan belanja yang sangat besar. Ia pun berharap langkah tersebut segera diikuti oleh kementerian dan lembaga lain.

“Kementerian-kementerian yang lain saya harapkan, terutama yang berkaitan dengan belanja-belanja modal, belanja-belanja langsung,” imbuhnya.

Selain Kementerian PUPR, menurut Presiden, Kementerian Sosial juga telah membelanjakan anggaran dalam rangka bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH).

“Saya kira ini juga akan sangat membantu. Saya juga berharap Dana Desa ini juga bisa langsung segera direalisasikan sehingga desa-desa daya beli dan konsumsinya juga akan tidak terganggu,” ungkapnya.

Turut hadir Wakil Presiden KH.Maruf Amin, Menko Polhukam Mahfud MD, Menko Marves Luhut B Pandjaitan, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Seskab Pramono Anung, Mensesneg Pratikno, KSP Moeldoko, Ketua Wantimpres Wiranto, Menkeu Sri Mulyani, Menlu Retno Marsudi, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya,  Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri PANRB Tjahjo Kumolo, Menhan Prabowo Subianto, Mendagri Tito Karnavian, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, Menag Fahrul Rozi, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, serta seluruh jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jendral Idham Azis.(ABIM)